Breaking News

Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?

Bolehkah AVSEC Menikah sebelum masa kontrak kerjanya habis? Memasuki mahligai pernikahan tentu menjadi salah satu tahapan yang ingin dilalui oleh setiap orang. Namun bagaimana jika hak untuk menikah tersebut harus terhambat karena adanya kontrak kerja yang sudah terlanjur ditandatangani? Bagi Anda yang bercita-cita untuk menjadi AVSEC tentunya juga penasaran bukan nantinya Anda akan bisa menikah selama masa kontrak berlangsung atau tidak?


Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?
Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?


AVSEC merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dijumpai di bandara. Bagi Anda yang ingin berkarir di bandara, pekerjaan yang satu ini bisa Anda jadikan salah satu pilihannya. Karena profesi AVSEC termasuk salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan.


Akan tetapi bekerja di sebuah perusahaan besar tentu saja harus memenuhi beragam kriteria. Dimana kriteria di tiap perusahaan biasanya juga berbeda tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan yang hendak Anda masuki.

Persyaratan Umum Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan

Saat ini profesi AVSEC kelihatannya semakin banyak peminatnya. Banyaknya keuntungan yang bisa dinikmati bila Anda menjadi AVSEC mungkin menjadi salah satu alasan yang kemudian menarik peminat untuk berbondong-bondong melamar sebagai AVSEC Bandara.


Namun untuk bisa diterima sebagai personil keamanan penerbangan di suatu bandara tentu saja bukan sesuatu yang mudah. Karena selain harus melalui serangkaian tes seleksi, calon AVSEC juga harus memenuhi beberapa persyaratan khusus yang berhubungan dengan karir AVSEC.


Beberapa persyaratan yang akan disampaikan di bawah ini mungkin saja dapat menjadi salah satu jawaban terkait Bolehkah AVSEC Menikah sebelum habis masa kontraknya? Dan tentunya Anda bisa mengetahui apakah Anda masuk dalam kriteria untuk menjadi AVSEC Bandara ataukah tidak.


Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang perlu untuk Anda penuhi jika Anda tertarik untuk berkarir sebagai personil AVSEC Bandara.
  • Warga Negara Indonesia 
  • Berusia 18-28 tahun pada saat melamar kerja 
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat 
  • Belum pernah menikah pada saat melamar
  • Memiliki tinggi badan minimal 168 cm bagi pria 
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm bagi wanita 
  • Menguasai Bahasa Inggris baik aktif maupun pasif
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Tidak buta warna maupun hepatitis
  • Tidak pernah terlibat dengan tindakan kriminal 
  • Belum pernah mengalami patah tulang 

Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?

Bila melihat persyaratan yang ada, belum pernah menikah sebetulnya hanya berlaku pada saat calon AVSEC hendak melamar pekerjaan di suatu perusahaan penerbangan maupun pengelola bandara. Lalu apakah artinya setelah diterima bekerja bisa langsung menikah?


Setelah dinyatakan diterima di suatu perusahaan tentu pelamar akan diminta untuk menandatangi surat perjanjian kerja. Biasanya untuk karyawan baru akan ada namanya kontrak kerja yang harus dilalui selama beberapa tahun sebelum akhirnya diangkat menjadi pegawai tetap di suatu perusahaan penerbangan.


Yang menjadi inti pertanyaan adalah, Bolehkah AVSEC Menikah sebelum habis masa kontraknya? Rupanya setelah admin mencari tahu dari beberapa sumber ada perusahaan yang memperbolehkan tetapi ada pula yang tidak. Jadi yang perlu diperhatikan tentunya adalah isi dari perjanjian kontrak kerja yang akan Anda tandatangani setelah Anda betul-betul diterima sebagai AVSEC di suatu perusahaan.


Bila Anda memang berniat untuk melangsungkan pernikahan setelah Anda diterima bekerja di suatu perusahaan penerbangan ataupun pengelola bandara, Anda harus memperhatikan isi perjanjian kontraknya. Bila memang didalamnya tidak mencantumkan perjanjian terkait tidak diperbolehkan menikah selama masa kontrak artinya Anda memang baru bisa menikah setelah Anda menghabiskan masa kontrak yang baru Anda jalani atau menunggu sampai Anda diterima sebagai karyawan tetap. 

Ada Perusahaan Yang Mengizinkan AVSEC Menikah Meskipun Masih dalam Ikatan Kontrak

Tidak perlu khawatir, karena masih ada pula perusahaan yang tidak memberikan larangan bagi karyawannya untuk menikah. Tentunya dengan catatan karyawan tersebut tetap tidak boleh berkurang profesionalitasnya dalam bekerja.


Berikut salah satu bukti pernyataan dari salah seorang AVSEC yang hendak menikah ketika masih dalam masa kontrak:
Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?
Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?



Karena sebetulnya alasan suatu perusahaan melarang karyawannya untuk menikah adalah ditakutkan nantinya setelah karyawannya tersebut menikah konsentrasi kerjanya akan terpecah dan membuatnya menjadi kurang profesional dalam bekerja. Artinya sejauh Anda bisa tetap membagi waktu tanpa mengurangi kualitas kerja Anda setelah Anda menikah admin rasa perusahaan juga tidak akan berkeberatan.


Dengan begitu jawaban dari pertanyaan Bolehkah AVSEC Menikah sebelum habis masa kontrak kerjanya, adalah bisa boleh bisa juga tidak. Karena aturan mengenai isi perjanjian dalam kontrak kerja sepenuhnya berada pada perusahaan yang hendak mempekerjakan Anda. Jadi Anda bisa mengetahui nya ketika nanti Anda dihadapkan dengan kontrak kerja setelah Anda dinyatakan lolos sebagai personil AVSEC baru baik di maskapai penerbangan maupun perusahaan pengelola bandara.

Cara Menjadi AVSEC Bandara

Untuk menjadi AVSEC Bandara, hal pertama yang tentunya harus Anda siapkan adalah STKP atau Lisensi AVSEC. Karena menurut peraturan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9. Calon AVSEC Bandara memang diwajibkan untuk memiliki STKP terlebih dahulu sebagai bukti bahwa ia telah memiliki kecakapan dalam bidang keamanan penerbangan.



Untuk mendapatkan lisensi tersebut, tentunya Anda harus mengikuti pelatihan AVSEC di sekolah AVSEC resmi terlebih dulu. Karena lisensi/ STKP hanya akan diterbitkan oleh Dirjen Perhubungan Udara setelah seseorang dinyatakan lolos dalam UJIAN NEGARA.


Di Indonesia, Sekolah AVSEC sendiri sebetulnya sudah mulai menjamur. Namun tidak semua sekolah AVSEC memiliki izin resmi dari Dirjen Perhubungan Udara dan Direktorat Keamanan Penerbangan untuk menyelenggarakan UJIAN NEGARA.
Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?
Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya?


Untuk itu dalam memilih sekolah AVSEC, Anda juga harus lebih selektif. Sebagai rekomendasi, Anda bisa bergabung dengan PSPP Penerbangan. Tempat pendidikan dan pelatihan singkat yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, Makassar dan Lampung tersebut membuka 3 jenis program pendidikan yang berorientasi dalam dunia penerbangan.


Yaitu Pramugari, Staff Penerbangan dan AVSEC. Berdiri sejak 1 Maret 2010, PSPP Penerbangan telah memiliki izin/ legalitas resmi termasuk izin untuk menyelenggarakan UJIAN NEGARA sesuai jadwal yang telah diberikan oleh Direktorat Keamanan Penerbangan.


Saat ini PSPP Penerbangan kembali membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia penerbangan atau ingin mencari lisensi AVSEC tentu ini merupakan kesempatan yang tepat bagi Anda.


Pendaftaran ini dilayani secara online dan Anda yang berminat untuk mendaftarkan diri bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini:
Kak Diyan WA 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/
Fanspage https://fb.me/PSPPSekolahPramugari1


Demikian informasi yang dapat admin sampaikan terkait Bolehkah AVSEC Menikah Sebelum Habis Masa Kontraknya, dan semoga jawaban yang disampaikan dapat bermanfaat dan dimengerti.
Baca juga:
Tes Pantukhir AVSEC





Tidak ada komentar