Breaking News

AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat Inilah Perbedaan Keduanya

AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat. Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan nomor SKEP/2765/XII/2010 pada Bab I di butir 9 sudah tertulis bahwa untuk menjadi personil AVSEC maka seseorang wajib memiliki LISENSI yang membuktikan bahwa personil tersebut telah memiliki kecakapan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum.

AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat Inilah Perbedaan Keduanya
AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat Inilah Perbedaan Keduanya


Banyaknya jumlah penumpang baik dari dalam maupun luar negeri yang datang ke bandara untuk melakukan penerbangan ke kota atau negara lain tentunya membuat lalu lintas penumpang di bandara semakin sibuk dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentunya secara tidak langsung akan memberikan peluang besar bagi generasi muda Indonesia untuk menggeluti karir di dunia penerbangan yang tentunya akan semakin mengurangi prosentase angka pengangguran di wilayah Indonesia.


Dunia penerbangan sendiri terdapat beberapa macam jenis pekerjaan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kelancaran proses penerbangan sehingga keberadaan atau kebutuhan akan profesi tersebut di bandara tidak akan lekang oleh waktu. Profesi tersebut diantaranya adalah profesi pilot, pramugari, mekanik, teknisi, FOO, marshaller, staff penerbangan/ Ground Handling dan juga Aviation Security.


Jika Anda yang berkesempatan untuk ditawari pekerjaan-pekerjaan tersebut, kira-kira profesi mana yang akan Anda ambil??


AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Serifikat 

Profesi AVSEC merupakan salah stau profesi yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Namun meskipun begitu, profesi satu ini belum banyak dikenal oleh masyarakat umum. Sehingga banyak generasi muda yang tidak menyadari bahwa sebetulnya di dunia penerbangan itu menyimpan puluhan kesempatan kerja yang sangat prospektif termasuk AVSEC.


Bagi masyarakat awam mungkin AVSEC dikenal sebagai seorang personil keamanan biasa yang tidak berbeda dengan satpam ataupun petugas keamanan bidang lainnya. Padahal sebetulnya terdapat berbagai kualifikasi khusus yang harus dipenuhi terlebih dulu jika Anda ingin menjadi AVSEC Bandara .


Bahkan mengenai tingkat kecakapan yang harus dimiliki pun berbeda dengan personil keamanan di bidang lain. Dimana bagi seseorang yang ingin menjadi anggota AVSEC tentunya harus sudah memiliki lisensi atau STKP AVSEC.


Artinya meskipun terdapat pelamar yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang keamanan lain namun belum punya STKP AVSEC tentunya pelamar tersebut tetap tidak punya kesempatan untuk diterima menjadi personil keamanan penerbangan (AVSEC).Dan tentunya tetap harus mengikuti pelatiha khusus agar dapat memperoleh lisensi AVSEC dan bukan hanya sertifikat keamanan penerbangan saja. Karena sesuai Peraturan yang telah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat semata.


Perbedaan Lisensi AVSEC dan Sertifikat Keamanan Penerbangan

AVSEC Harus Punya Lisensi Buka Hanya Sertifikat. Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk mendaftarkan diri di sekolah khusus AVSEC guna mencari lisensi AVSEC tentunya Anda patut berhati-hati dalam memilih sekolah AVSEC tersebut. Karena pasalnya tidak semua sekolah AVSEC mendapatkan jadwal dari Dirjen Keamanan Penerbangan untuk menyelenggarakan UJIAN NEGARA.


Artinya tidak semua sekolah AVSEC akan bisa memberikan Lisensi AVSEC yang dikeluarkan secara resmi oleh Dirjen Keamanan Penerbangan.


Bahkan tidak jarang pula sekolah AVSEC yang hanya memberikan sertifikat kepada peserta didiknya setelah menyelesaikan pendidikan AVSEC di lembaga tersebut. Artinya nantinya siswa tersebut masih harus mencari sendiri informasi mengenai jadwal pelaksanaan UJIAN NEGARA yang secara langsung dibuka oleh Dirjen Keamanan Penerbangan yang tentunya hal ini tidak lah mudah.






Perbedaan mendasar terkait Lisensi AVSEC dan Sertifikat adalah sebagai berikut:

  • Lisensi tidak dapat secara sembarangan oleh suatu lembaga karena lisensi merupakan dokumen pengakuan dari negara untuk melaksanakan sesuatu. Sehingga untuk menerbitkan lisensi ini tentu harus atas izin dari dinas terkait seperti Dirjen Keamanan Penerbangan untuk Lisensi AVSEC
  • Lisensi AVSEC merupakan lisensi yang dikeluarkan oleh Direktorat Keamanan Penerbangan yang diberikan kepada seseorang yang telah dididik untuk menjadi petugas keamanan penerbangan dan telah dinilai mampu bekerja sesuai regulasi yang ditetapkan secara internasional maupun nasional
  • Lisensi Dangerous Goods juga merupakan salah satu lisensi resmi yang dikerluarkan oleh Direktorat Keamanan Penerbangan untuk para karyawan penerbangan yang tentunya telah mengikuti pelatihan atau mempelajari tentang pengenalan dan pengklarifikasian barang berbahaya yang dapat membahayakan penerbangan
  • Sedangkan untuk sertifikat sebetulnya dapat diperoleh dari mana saja termasuk dari lembaga pendidikan. Biasanya sertifikat akan didapatkan oleh semua orang yang ikut dalam suatu kegiatan yang nantinya diterbitkan sertifikat seperti sertifikat outbond, sertifikat bahasa inggris, dll. Fungsinya ketika nanti melamar pekerjaan sebatas untuk memberikan pemberitahuan kepada perusahaan bahwa pemilik sertifikat sudah pernah mengikuti kegiatan tertentu seperti yang tercantum pada sertifikat. Berbeda dengan lisensi AVSEC  yang sifatnya memang harus dimiliki oleh setiap orang yang hendak melamar sebagai AVSEC bandara.

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi Hanya Disini!


Lisensi AVSEC dan Lisensi Dangerous Goods rupanya telah didapatkan oleh ratusan alumni dari Sekolah AVSEC Berlisensi resmi PSPP Penerbangan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak ada lembaga yang memiliki hak untuk bmengeluarkan lisensi AVSEC maupun Dangerous Goods tentunya juga bukan PSPP Penerbangan yang mengeluarkan lisensi tersebut.


Lisensi Basic AVSEC dan Lisensi Dangerous Goods yang diperoleh siswa dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan RI. Namun untuk pelaksanaan ujian negara dan pelatihan Dangerous Goods nya dilaksanakan secara langsung di kampus PSPP Penerbangan. Hal ini tentunya membuktikan bahwa PSPP Penerbangan adalah Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi karena telah mendapat kepercayaan untuk mencetak calon AVSEC Profesional dan memperoleh jadwal penyelenggaraan UJIAN NEGARA dari KAMPEN.

AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat Inilah Perbedaan Keduanya
AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat Inilah Perbedaan Keduanya

Tertarik untuk mengembangkan potensi Anda dibidang keamanan penerbangan bersama PSPP Penerbangan? Berikut persyaratan pendaftarannya:
  • Warga Negara Indonesia 
  • Wanita atau pria berusia maksimal 27 tahun 
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat 
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk wanita, 168 cm untuk pria
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Tidak buta warna, hepatitis maupun minus 
  • Tidak bertindik dan bertato 
  • Belum pernah mengalami patah tulang 
  • Belum pernah menikah
  • Mau dilatih berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris 
  • Mengisi formulir pendaftaran di www.avsec.id
  • Membayar biaya pendaftaran senilai Rp 300.000,- 
  • Mengumpulkan foto seluruh badan 
  • Mengumpulkan surat keterangan sehat dari dokter 
  • Mengumpulkan kartu identitas diri 
  • Mengumpulkan bukti asal sekolah 
  • Membayar biaya pendidikan sesuai jumlah biaya yang berlaku di angkatan yang diikuti jika telah dinyatakan lolos tes

KLIK DISINI untuk mengetahui biaya pendidikan AVSEC tahun 2019.

Selanjutnya untuk proses pendaftaran akan dilayani secara online dan Anda bisa langsung konsultasi dengan panitia pendaftaran PSPP Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan WA/LINE 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/
Fanspage https://fb.me/PSPPSekolahPramugari1

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait AVSEC Harus Punya Lisensi Bukan Hanya Sertifikat  dan semoga dapat menambah wawasan bagi Anda yang tertarik untuk bergabung di dunia penerbangan.

Baca juga:
Cara Menjadi AVSEC
Sekolah AVSEC Terbaik

Tidak ada komentar