Breaking News

AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods

Pengertian Dangerous Goods merupakan salah satu wawasan yang harus dikuasai oleh karyawan yang berkecimpung dalam dunia penerbangan. Termasuk bagian AVSEC yang secara langsung akan mengarahkan/ menyita barang bawaan penumpang yang disinyalir termasuk salah satu dalam golongan barang berbahaya/ Dangerous Goods.

AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods
AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods


Namun untuk profesi lainnya diharapkan juga tetap memiliki pemahaman yang baik terkait Dangerous Goods agar bisa sama-sama mengawasi penumpang/ rekan kerja lain agar tidak membawa barang berbahaya dalam suatu penerbangan.


Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC 

AVSEC merupakan salah satu profesi dalam dunia penerbangan yang memiliki peranan penting karena tugas utamanya adalah menjaga keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum.


Jika petugas AVSEC melakukan kelalaian sewaktu avsedcmelakukan pemeriksaan terhadap para penumpang yang mulai memasuki bandara hingga masuk ke pesawat tentunya resiko terjadinya kecelakaan pesawat akan besar. Karena kecelakaan pesawat tidak hanya bisa terjadi karena kerusakan instrumen pesawatnya tetapi juga dimungkinkan bisa terjadi karena terbawanya barang berbahaya oleh penumpang baik secara sengaja/ tidak.


Maka dari itu, dalam dunia penerbangan sudah terdapat klasifikasi barang-barang berbahaya atau yang dikenal dengan Dangerous Goods. Yang akan memudahkan AVSEC dalam menggolongkan apakah barang bawaan penumpang termasuk barang berbahaya atau tidak.



Dengan begitu ketika Anda ingin menjadi AVSEC tentunya selain wajib memiliki STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) Anda juga harus mengetahui secara mendetail Pengertian Dangerous Goods agar dapat meminimalisir faktor terjadinya keelakaan pesawat selama penerbangan berlangsung.

Pengertian Dangerous Goods Dalam Dunia Penerbangan

Berdasarkan data asosiasi angkutan udara internasional, barang yang masuk dalam kategori Dangerous Goods merupakan sesuatu yang sangat berbahaya atau zat yang dapat berpotensi membahayakan secara nyata baik terhadap kesehatan, keselamatan, atau harta milik jika diangkut dalam suatu penerbangan.


Bahaya yang ditimbulkan oleh Dangerous Goods tersebut bisa berdampak terhadap nyawa para penumpang yang ada di pesawat. Sebetulnya barang berbahaya/ Dangerous Gooda golongan tertentu masih dapat diangkut oleh pesawat udara akan tetapi harus memiliki berbagai persyaratan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Termasuk beberapa aturan dalam segi kemasan atau cara pengemasannya serta pemberian label dan juga tempat penyimpanannya.


Maka dari itu ketika Anda ingin menjadi AVSEC Anda harus hafal betul mengenai apa saja kelompok barang berbahaya yang dilarang masuk kedalam kabin pesawat, yang masih boleh masuk ke bagasi yang dilaporkan atau yang memang benar-benar tidak boleh ikut dalam penerbangan bersama penumpang.


Dangerous goods terbagi dalam 3 kelompok yakni:

  • Kelompok A
    Merupakan barang-barang berbahaya yang tentu saja dapat diangkut oleh pesawat udara penumpang atau pesawat udara kargo namun dengan ketentuan khusus.
  • Kelompok B
    Merupakan barang-barang yang sangat berbahaya dan tidak diperkenankan diangkut dalam pesawat penumpang namun masih diperbolehkan diangkut menggunakan pesawat cargo.
  • Kelompok C
    Merupakan barang-barang yang sangat berbahaya dan benar-benar dilarang untuk diangkut menggunakan pesawat udara.
Klasifikasi atau pengelompokan tersebut sebaiknya harus dimengerti oleh para penumpang karena tentunya demi kebaikan bersama. Jika dilanggar,tentunya resiko terjadinya kecelakaan pesawat akan tinggi.


Pentingnya Mengetahui Dangerous Goods Bagi AVSEC 

Pentingnya mengetahui Pengertian Dangerous Goods bagi petugas AVSEC tentunya dilihat berdasarkan kewenangan AVSEC yang diperbolehkan untuk menyita barang yang memang disinyalir akan membahayakan proses penerbangan. 


Maka dari itu selain AVSEC diharuskan untuk memiliki STKP biasanya perusahaan penerbangan juga akan meminta para karyawannya baik AVSEC, maupun staff penerbangan untuk mencari lisensi Dangerous Goods.


Dengan dimilikinya lisensi Dangerous Goods secara tidak langsung menyatakan bahwa orang tersebut sudah memahami secara detail apa yang dimaksud dengan Dangerous Goods termasuk apa-apa saja barang/ benda yang termasuk dalam kategori Dangerous Goods. 


Siswa-i Sekolah AVSEC PSPP Mendapat Lisensi DGR

Lisensi DGR atau lisensi Dangerous Goods Regulation merupakan dokumen yang akan diberikan oleh Dirjen Keamanan Penerbangan bagi seseorang yang sudah dinyatakan cakap/ paham tentang Pengertian Dangerous Goods dan segala peraturan yang mengikutinya. 


Untuk mendapatkan lisensi ini tentunya seseorang harus mengikuti pelatihan tentang materi Dangerous Goods itu sendiri. Salah satu sekolah penerbangan yang mengikutkan siswa-i nya untuk mendapatkan tambahan wawasan tentang Dangerous Goods Regulation ialah PSPP Penerbangan


PSPP Penerbangan ialah Sekolah AVSEC No 1 di Indonesia yang saat ini telah memiliki 4 buah kampus di 4  kota yang berbeda yaitu di Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan Makassar. Sebagai Sekolah AVSEC yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dirjen Perhubungan Udara tentunya PSPP Penerbangan juga akan membekali siswa-i nya dengan STKP Basic AVSEC setelah dinyatakan lulus ketika mengikuti UJIAN NEGARA. 
 
AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods
AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods


Pelaksanaan UJIAN NEGARA nya pun resmi karena berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Dirjen Keamanan Penerbangan RI. 


Selain mendapatkan STKP/ lisensi basic AVSEC rupanya peserta didik juga masih akan memperoleh lisensi Dangerous Goods Regulations yang juga resmi dari DISHUB. Maka dari itu ketika sudah bekerja nanti, alumni PSPP Penerbangan tidak perlu lagi mencari lisensi DGR karena sudah mendapatkan lisensi tersebut melalui PSPP Penerbangan. 

Info Pendaftaran Sekolah AVSEC

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung di Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan, saat ini lembaga ini sedang membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Mengingat banyaknya pendaftar yang berasal dari luar daerah maka dari itu sistem penyaringan calon peserta didik di PSPP Penerbangan akan berlangsung melalui sistem online. 


Informasi selengkapnya terkait Pendaftaran PSPP Penerbangan dapat langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini: 

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272 
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 
IG daftarpramugari 
Fanspage fb.me/PSPPSekolahPramugari1 


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait AVSEC Wajib Mengetahui Pengertian Dangerous Goods dan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. 

Baca juga: 
1. Tes AVSEC AngkasaPurabuk 

Tidak ada komentar