Breaking News

Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun

Masa Kontrak Kerja AVSEC menjadi salah satu pertimbangan bagi seseorang sebelum memutuskan untuk berkarir pada profesi ini. Sehingga ditengah maraknya minat masyarakat tentang pekerjaan AVSEC menjadi semakin banyak orang yang bertanya-tanya tentang berapa lama masa jabatan AVSECa. Apakah pekerjaan sebagai seorang AVSEC bisa dijalani sampai tua?



Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun
Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun
Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut ada baiknya jika Anda segera menyimak artikel saya kali ini yang akan membahas tentang masa kontrak yang akan dilalui jika Anda berkarir sebagai seorang Aviation Security.


Pengertian AVSEC Bandara

AVSEC dikenal juga dengan sebutan polisi bandara. Petugas ini memiliki tugas untuk menjaga keamanan penerbangan. Namun tidak hanya menjaga itu saja, tapi tugas AVSEC juga harus menjaga segala fasilitas yang mendukung penerbangan seperti lampu landasan & pagar pembatas bandara.


Tugas Tanggung Jawab AVSEC pun sudah disesuaikan dengan peraturan Direktorat Jendral Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 Butir 9. Dan selama menjalankan tugas dan tanggung jawabnya tersebut personil AVSEC dituntut untuk menjalankan tugas sesuai prosedur yang telah ditetapkan dari badan regulasi internasional yang bernama ICAO. Dimana ICAO sendiri merupakan badan regulasi yang dibawahi langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.



Maka dari itu jika ada yang mengatakan bahwa AVSEC itu berbeda dengan satpam atau security pada umumnya jelas pernyataan tersebut tepat. Karena memang selain kualifikasi untuk menjadi AVSEC juga cenderung lebih sulit dan pelaksanaan tugasnya harus berpedoman pada regulasi internasional rupanya untuk bisa menjadi AVSEC seseorang tersebut juga wajib memiliki STKP (Surat Tanda Kecakapan Personal) yang  dikeluarkan langsung oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara. Biasanya Anda bisa mendapatkannya melalui sekolah AVSEC Berlisensi Resmi.


Dengan memiliki STKP atau lisensi AVSEC tersebut seseorang sudah dianggap mempunyai kompetensi atau kecakapan untuk menjadi keamanan penerbangan dan siap untuk menjalankan tugas sebagai AVSEC. Hal ini juga perlu Anda persiapkan selain mencari tahu tentang Masa Kontrak Kerja AVSEC yang berlaku di Indonesia.

Persyaratan Umum Menjadi AVSEC Bandara

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kualifikasi untuk menjadi AVSEC terbilang banyak. Maka dari itu Anda juga perlu mempersiapkan diri apalagi setelah Anda mengetahui Masa Kontrak Kerja AVSEC yang ternyata menjanjikan.


Dibawah ini adalah syarat umum untuk menjadi personil AVSEC Bandara:
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pria atau wanita berusia maksimal 27 tahun 
  3. Pendidikan minimal SMA/K sederajat, memiliki STKP 
  4. Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk wanita dan 168 cm untuk pria
  5. Sehat jasmani dan rohani 
  6. Tidak buta warna dan hepatitis
  7. Belum pernah menikah 
  8. Belum pernah mengalami patah tulang 
  9. Bebas NARKOBA 
  10. Tidak bermata minus

 Persyaratan umum diatas sifatnya adalah mutlak sehingga usahakan semua telah Anda penuhi sebelum melamar ke perusahaan penerbangan, pengelola bandara atau Kementrian Perhubungan.

Tugas-Tugas AVSEC Bandara

Bertanggung jawab atas keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum bisa dipaparkan lagi dalam beberapa tugas seperti:

  1. Memastikan keamanan seluruh pengguna bandara dengan cara memeriksa barang dengan sangat teliti agar tidak ada barang yang membahayakan masuk ke proses penerbangan
  2. Mencocokkan kartu identitas (SIM/KTP/Pasport) dengan tiket yang dibawa oleh calon penumpang
  3. Melakukan pemeriksaan kepada awak kabin dan penumpang
  4. Pengawasan pada cargo, pos dan lainnya
  5. Melakukan perlindungan kepada perusahaan transportasi udara
  6. Melakukan pengecekan bagasi sebelum & sesudah penerbangan
  7. Mematuhi segala peraturan baik nasional maupun internasional
  8. Pemeriksaan akses kontrol pada sisi udara

Dengan tugas yang cukup banyak tersebut tentu membuktikan bahwa menjadi seorang AVSEC memang tidak mudah dan tidak semua orang dapat menjadi AVSEC.Menjadi personil AVSEC harus tegas dalam pemeriksaan calon penumpang, meski calon penumpang itu pejabat negara sekalipun.


Sehingga saat menjalankan tugas harus tegas tapi tetap santun dan harus siap menghadapi setiap kondisi termasuk menghadapi penumpang yang “rewel” saat hendak diperiksa.

Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun

Kontrak kerja adalah suatu perjanjian yang dibuat secara lisan ataupun tulisan antara pekerja dan pemberi kerja, baik dalam waktu tertentu maupun waktu yang ditentukan dimana di dalam kontrak tersebut berisi syarat-syarat kerja serta hak dan kewajiban setiap pihak.


Dan bisa disimpulkan bahwa kontrak kerja petugas AVSEC adalah perjanjian antara calon AVSEC dengan perusahaan penerbangan dalam waktu tertentu. Di dalam kontrak tersebut sudah dijelaskan secara terperinci terkait syarat kerja, hak & kewajiban semua pihak. Pada umumnya perjanjian tersebut ditanda tangani diatas materai agar kedua pihak mempunyai kekuatan hukum yang sama.


Pada zaman sekarang ini hampir semua pekerjaan memberlakukan sistem kontrak pada karyawannya, tidak terkecuali untuk AVSEC. Dan tentu yang namanya kontrak pasti ada batas waktunya, tergantung perusahaan terkait mau memperpanjang kontrak yang ada atau tidak. Lama masa jabatan AVSEC ini juga bisa berbeda-beda tergantung kontrak kerja dan siapa yang merekrut apakah BUMN, pemerintah, atau perusahaan outsource.
 

Karena setiap perusahaan pastinya mempunyai aturan sendiri dalam urusan kontrak pegawainya. Pada umumnya Masa Kontrak Kerja AVSEC yang baru saja memulai karir melalui outsource adalah 1 tahun. Dalam 1 tahun tersebut biasanya digunakan untuk training langsung di dunia penerbangan. Kontrak akan terus diperpanjang seiring kualitas Anda dalam bekerja. Jika kualitas kerja bagus maka Anda bisa lebih lama lagi menjadi petugas AVSEC dan sebaliknya.


Berbeda lagi jika Anda direkrut langsung oleh PT. Angkasa Pura yang merupakan perusahaan BUMN. Biasanya perusahan menerima pegawai dengan sistem kontrak dengan masa kontrak selama 5 tahun.

Adakah Kemungkinan Diangkat Menjadi Pegawai Tetap?

Bisa atau tidaknya Anda diangkat menjadi pegawai tetap ternyata juga tergantung dari siapa yang merekrut Anda. Jika Anda direkrut secara langsung oleh maskapai atau perusahaan nasional penerbangan, bisa jadi karyawan akan diangkat penjadi pegawai tetap setelah kurun waktu tertentu tergantung isi kontrak yang ditanda tangani. Biasanya dalam 2 tahun pun karyawan bisa diangkat sebagai pegawai tetap.


Menjadi pegawai tetap berarti sudah tidak ada kontrak dan pegawai tersebut juga akan mendapatkan hak-hak baru seperti tunjangan pensiun, asuransi, dan lain-lain. Biasanya perusahaan akan melihat kinerja pegawainya dan masa jabatan sebagai dasar pengangkatan pegawai tetap ini.


Jadi apabila Anda sudah berhasil menjadi AVSEC, Anda harus bekerja maksimal agar bisa secepatnya diangkat menjadai pegawai tetap. Selain itu, menjadi petugas AVSEC yang diterima melalui jalur CPNS juga bisa berpeluang menjadi PNS lho. Biasanya lowongan dibuka oleh kementerian perhubungan. Untuk Masa Kontrak Kerja AVSEC yang sudah PNS biasanya akan bekerja hingga usia 58 tahun dan setelahnya bisa pensiun.


Anda Harus Mendapatkan STKP Dulu Untuk Bisa Jadi AVSEC 

Seperti yang telah tertuang pada peraturan Dirjen Perhubungan Udara SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9 bahwa setiap personil AVSEC diwajibkan untuk memiliki STKP maka dari itu Anda harus mencari dokumen ini dulu. 


Caranya Anda bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah AVSEC. Namun harap berhati-hati karena tidak semua sekolah yang menyelenggarakan pendidikan AVSEC  memiliki izin untuk memberikan STKP bagi siswanya.
 
 
Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun
Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun
Karena itu, pilihlah Sekolah AVSEC yang mempunyai izin resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara agar bisa mendapatkan lisensi resmi STKP yang merupakan syarat mutlak untuk jadi AVSEC. Sekolah AVSEC yang memiliki izin resmi di Indonesia dikenal dengan nama PSPP Penerbangan. Tidak hanya memiliki izin resmi, PSPP Penerbangan juga memiliki label akreditasi A yang menjadi tolok ukur kualitas sekolah.


Kebanyakan calon AVSEC yang mengikuti Sekolah AVSEC di PSPP Penerbangan akan mendapatkan Lisensi Resmi yang membuktikan sudah memiliki kompetensi dan kecakapan untuk menjadi seorang personil kemanan penerbangan. Jika Anda mempertahankan kualitas kerja seperti yang telah diajarkan di PSPP Penerbangan Masa Kontrak Kerja AVSEC nya juga bisa terus diperpanjang.

Informasi Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi

PSPP Penerbangan adalah tempat yang tepat untuk mengasah skill dan wawasan dalam ilmu penerbangan. Sudah tidak perlu diragukan lagi karena PSPP Penerbangan adalah sekolah AVSEC yang mempunyai izin resmi & mendapat label akreditasi A. Berdiri sejak 1 Maret 2010, saat ini PSPP Penerbangan sudah mempunyai 4 kampus yang berlokasi di Lampung, Jakarta, Yogyakarta & Makassar. Sudah banyak lulusan PSPP Penerbangan yang sudah bekerja di perusahaan penerbangan baik swasta maupun BUMN dengan prestasi yang cukup membanggakan.



Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan PSPP Penerbangan ini silakan langsung caritahu informasi selengkapnya melalui panitia pendaftaran PSPP Penerbangan All Cabang dengan kontak di bawah ini:

Kak Diyan
WA/LINE 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
IG daftarpramugari


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Masa Kontrak Kerja AVSEC Sampai Pensiun dan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini melalui tautan sharing.

Baca juga:
1. Lama Sekolah AVSEC
2. Tes AVSEC AngkasaPura

Tidak ada komentar