Breaking News

Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara

Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC akan menjadi pembahasan utama kita kali ini. Bagi Anda yang bercita-cita untuk menjadi personil AVSEC Bandara tentunya harus mengetahui tugas dan tanggung jawab dari profesi ini karena tidak mungkin Anda bisa bekerja dengan baik dan profesional jika tugas tanggung jawabnya saja Anda belum mengetahuinya.



Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara
Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara

Mengenal Profesi AVSEC 

AVSEC ialah salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Bagi orang awam dan tidak terlalu paham dengan dunia penerbangan tentunya bila mendengar kepanjangan dari kata AVSEC yaitu Aviation Security akan langsung menyamakan profesi ini dengan petugas keamanan di bidang lain seperti satpam, hansip, security bank, dll. 
  

Banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya karir AVSEC ini sangat bergengsi dan menawarkan banyak keuntungan bagi para personilnya.


Namun tentunya profesi ini juga tidak mudah untuk diraih mengingat Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC juga tidak mudah untuk dilaksanakan. Tak hanya itu saja, untuk menjadi AVSEC seseorang juga diwajibkan untuk memiliki lisensi atau STKP AVSEC sesuai Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9. Dimana dalam peraturan tersebut telah disimpulkan bahwa personil AVSEC wajib memiliki lisensi keamanan penerbangan karena dengan dimilikinya lisensi tersebut berarti seseorang telah memiliki kecakapan dan skill yang mumpuni untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menjaga keamanan penerbangan.


Terkait hal tersebut tentunya berbeda dengan petugas keamanan lain yang tidak ada kewajiban untuk mencari lisensi dahulu sebelum bertugas.


Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC

 Seperti yang sebelumnya telah dibahas, bahwa untuk melaksanakan Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC seseorang dituntut untuk memiliki STKP atau lisensi dulu yang akan membuktikan bahwa dirinya memang sudah memiliki kecakapan untuk melaksanakan tugasnya.


Lalu bagaimana cara mendapatkan lisensi atau STKP tersebut? Saat ini Dirjen Keamanan Penerbangan dalam pelaksanaan UJIAN NEGARA sebagai ujian untuk mendapatkan lisensi AVSEC sudah menjalin kerja sama dengan Sekolah AVSEC.


Namun tentunya tidak semua sekolah AVSEC bisa memberikan lisensi bagi lulusannya. Karena hanya Sekolah AVSEC Berlisensi resmi saja yang akan mendapatkan jadwal pelaksanaan ujian negara dari Dirjen Keamanan Penerbangan.


PSPP Penerbangan ialah salah satu Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi yang telah mendapatkan jadwal penyelenggaraan ujian negara dari KamPen tersebut. Sehingga jika Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang AVSEC Anda bisa terlebih dulu bergabung dengan lembaga ini.


Inilah Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara

AVSEC merupakan personil atau karyawan suatu perusahaan penerbangan baik maskapai penerbangan, kementrian perhubungan maupun Angkasa Pura yang diberikan tanggung jawab mengenai keamanan dan keselamatan penerbangan.


Selain menjaga keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum, para personil AVSEC juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjamin keselamatan penerbangan serta memberikan perlindungan terhadap awak pesawat, penumpang, masyarakat, serta juga instansi yang terdapat di bandara dari segala tindakan yang melanggar hukum.


Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC tersebut sudah disesuaikan dengan peraturan nasional dan internasional sehingga segala tindakan AVSEC juga dilindungi oleh undang-undang selama itu tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan.


Ruang Lingkup Pengamanan AVSEC 

Setiap personil keamanan penerbangan tentunya memiliki ruang lingkup pekerjaan tersendiri termasuk AVSEC. Dan inilah ruang lingkup yang juga harus dijaga keamanan dan keselamatannya oleh para personil AVSEC:
  • Keselamatan pesawat terbang 
  • Keselamatan awak pesawat: pilot, co pilot, pramugari, mechanic/teknisi yang turut dalam penerbangan
  • Keselamatan para penumpang 
  • Keselamatan para awak darat: petugas check-in counter, petugas ticketting, petugas boarding, dll
  • Keselamatan pemakai jasa bandara 
  • keamanan fasilitas operasional penunjang proses penerbangan
  • Keamanan dan ketertiban lingkungan kerja bandara



Sehingga Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC juga mencakup keamanan dan keselamatan dari runag lingkup diatas.

Alat Bantu Pelaksanaan Tugas AVSEC

Demi memudahkan para personil AVSEC dalam menjalankan Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC tersebut maka di setiap bandara biasanya telah tersedia beberapa peralatan canggih yang akan digunakan oleh para personil untuk melakukan pengecekan keamanan baik untuk penumpang ataupun bawang bawaannya. 


Namun ketersediaan peralatan tersebut dari segi jumlahnya di masing-masing bandara biasanya juga disesuaikan dengan jumlah penerbangan yang terjadi di setiap bandara. Jadi jumlah dan kelengkapan peralatan yang terdapat di Bandara Internasional Soekarno Hatta belum tentu sama dengan jumlah dan kelengkapan peralatan keamanan penerbangan yang terdapat di bandara Adi Soemarmo. 


Inilah jenis peralatan keamanan penerbangan yang akan membantu kinerja para personil AVSEC:

  • Peralatan pendeteksi metal
  • Peralatan pendeteksi bahan organik dan non-organik
  • Peralatan pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif
  • Peralatan pendeteksi bahan peledak
  • Kendaraan patroli keamanan penerbangan
  • Peralatan pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara
  • Peralatan pusat penanggulangan keadaan darurat (emergency operation center)
  • Peralatan pengendalian jalan masuk (acces control)
  • Peralatan pendeteksi penyusup pagar perimeter (perimeter instruction detection system)
  • Peralatan komunikasi personel keamanan

Informasi Sekolah AVSEC Berlisensi

Menjadi personil AVSEC tidak hanya dibutuhkan kekuatan fisik saja. Namun AVSEC juga memerlukan banyak keahlian seperti dapat berkomunikasi dengan baik, bisa berbahasa Inggris, memiliki kemampuan negotiation, paham Dangerous Goods, dll.

Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara
Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara

Sehingga bermodalkan surat lamaran kerja dengan lampiran identitas dan juga ijazah SMA/ K saja belum bisa mengantarkan Anda untuk meraih profesi ini. Karena nantinya Anda harus melalui serangkaian tes AVSEC yang biasanya memang banyak kandidat yang gugur.


Selain itu untuk melamar sebagai AVSEC Anda juga harus melampirkan STKP AVSEC atau Surat Tanda Kecakapan Personil. Yang secara tidak langsung Anda diharuskan untuk mengikuti Sekolah AVSEC Berlisensi terlebih dulu meski sebetulnya dalam persyaratan menjadi AVSEC pendidikan minimumnya bisa SMA/K sederajat.


Terkait Sekolah AVSEC Berlisensi ini dipertengahan artikel sudah dibahas bahwa Anda direkomendasikan untuk melanjutkan Sekolah AVSEC di PSPP Penerbangan karena sudah menjadi Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi. Saat ini PSPP Penerbangan sudah memiliki 4 buah kampus di 4 kota yang berbeda yaitu di KLIK DISINI untuk melanjutkan membaca.



Dan untuk proses pendaftarannya PSPP Penerbangan melayaninya secara online yang akan dipandu oleh panitia pendaftaran PSPP Penerbangan melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara semoga dapat bermanfaat bagi Anda.


Baca juga:
1.  Biaya Sekolah AVSEC
2.  Kriteria Fisik AVSEC

Tidak ada komentar