Breaking News

Pengertian AVSEC Lengkap dengan Tugasnya

Pengertian AVSEC beserta tanggung jawab dan tugas AVSEC akan saya bahas dalam artikel kali ini. Ditengah banyaknya peluang untuk menjadi AVSEC atau keamanan penerbangan, mungkin masih banyak masyakarakat yang belum tau apa sebenarnya profesi AVSEC itu. Bahkan kebanyakan banyak yang memberikan persepsi bahwa AVSEC sama halnya dengan satpam ataupun petugas keamanan di bidang lain. Sehingga tidak terlalu tertarik dengan profesi yang sebenarnya sangat bergengsi ini.

Pengertian AVSEC Lengkap dengan Tugasnya
Pengertian AVSEC Lengkap dengan Tugasnya

Pengertian AVSEC (Aviation Security)

Tak kenal maka tak sayang, itu mungkin juga bisa menjadi pepatah yang cocok bagi kaula muda yang kurang tertarik dengan profesi AVSEC. Padahal saat ini peluang kerja dalam profesi ini sedang tinggi dan banyak.


Maka dari itu, Anda patut mencermati pembahasan terkait Pengertian AVSEC berikut ini agar Anda paham apa sebenarnya AVSEC itu.

AVSEC (Aviation Security) merupakan personil keamanan penerbangan yang telah memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personil. Yang kemudian diberikan tugas untuk menjaga keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum. Terkait diwajibkannya setiap personil AVSEC untuk memiliki lisensi atau STKP tersebut juga telah tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9.




Didalam lisensi tersebut juga telah dijelaskan bahwa dengan dimilikinya STKP maka personil AVSEC sudah dinyatakan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa untuk mendapatkan lisensi atau STKP tersebut juga tidaklah mudah. Karena Anda perlu dinyatakan lulus dalam UJIAN NEGARA yang kemudian baru bisa memperoleh STKP sesuai kecakapan yang Anda miliki.



Tingkatan Kecakapan Personil AVSEC

Berdasarkan Pengertian AVSEC diatas, terkait STKP atau Lisensi yang wajib dimiliki AVSEC ternyata juga terdapat tingkatan-tingkatannya. Yang kemudian dibedakan menjadi 2 yaitu diklat dasar dan diklat lanjutan dimana masing-masing juga masih terbagi dalam beberapa tingkatan yang meliputi:

DIKLAT DASAR PERSONIL AVSEC

1. Basic AVSEC 
2. Junios AVSEC
3. Senior AVSEC

DIKLAT LANJUTAN PERSONIL AVSEC 

1. AVSEC Management
2. Crisis Management
3. Quality Control
4. Instructor
5. Risk Management
6. Inspector/Auditor
7. Negotiation
8. Human Factor
9. Investigator
10. Profilling


Pedoman Kerja AVSEC 

Tidak hanya sembarangan, meskipun personil AVSEC sudah memiliki lisensi dan kecakapakan untuk menjaga keamanan penerbangan namun dalam menjalankan tugasnya para personil AVSEC juga tetap berpedoman pada regulasi penerbangan baik nasional maupun internasional. Hal ini juga sesuai dengan Pengertian AVSEC yang memang sudah diwajibkan untuk memiliki kecakapan dalam hal keamanan penerbangan.


Alat Bantu Tugas AVSEC


Tidak hanya dengan tangan kosong, dalam menjalankan tugasnya sebagai personil keamanan penerbangan, tugas AVSEC juga diringankan oleh alat modern yang rata-rata selalu tersedia di setiap bandara. Peralatan tersebut antara lain:
Pengertian AVSEC Lengkap dengan Tugasnya
Pengertian AVSEC Lengkap dengan Tugasnya

  1. Peralatan Pendeteksi Bahan Peledak
  2. Peralatan Pendeteksi Bahan Organik & Non-Organik
  3. Peralatan Pendeteksi Metal
  4. Peralatan Pendeteksi Bahan Nuklir, Biologi, Kimia, & Radio Aktif
  5. Peralatan Pemantau Lalu Lintas Orang, Kargo, Pos, Kendaraan, & Pesawat Udara di Bandara
  6. Peralatan Pusat Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Operation Centre)
  7. Kendaraan Patroli Keamanan Penerbangan
  8. Peralatan Pengendalian Jalan Masuk (Acces Control)
  9. Peralatan Pendeteksi Penyusup Pagar Perimeter (Perimeter Instruction Detection System)
  10. Peralatan Komunikasi Personel Keamanan.


Hal tersebut sudah membuktikan bahwa Pengertian AVSEC memang berbeda dengan satpam, hansip ataupun security di bidang lain.

Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Jadi AVSEC



Berdasarkan semua Pengertian AVSEC diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki cita-cita untuk menjadi AVSEC wajib mencari lisensi atau STKP AVSEC terlebih dulu.


Selain itu, calon AVSEC juga harus memiliki kompetensi lain berupa keahlian, sikap yang baik dan tegas, serta wawasan yang luas tentang penerbangan dan keamanan penerbangannya demi kelancaran dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai petugas keamanan penerbangan.


Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan diri sambil mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah AVSEC yang telah berlisensi resmi seperti PSPP Penerbangan. 

PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan merupakan satu-satunya Sekolah AVSEC yang telah memiliki izin untuk menyelenggarakan pendidikan khusus AVSEC dan memberikan lisensi kepada para peserta didiknya. Dimana lisensi tersebut merupakan lisensi Basic AVSEC yang telah diakui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia.


Syarat Masuk Sekolah AVSEC 

Sesuai dengan kebijakan dari management bagian pendaftaran, untuk dapat menjadi siswa jurusan AVSEC di PSPP Penerbangan calon pendaftar harus memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

  • Pria atau Wanita Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/K Sederajat
  • Usia maksimal 27 tahun
  • Memiliki tinggi badan minimal 170 cm (pria), 165 cm (wanita)
  • Sehat jasmani & rohani
  • Belum pernah menikah
  • Tidak buta warna ataupun bermata minus
  • Belum pernah mengalami patah tulang

Info Pendaftaran Sekolah AVSEC

Saat ini PSPP Penerbangan sedang membuka pendaftaran siswa-i baru. Pendaftaran ini akan ditutup sewaktu-waktu jika kuota penuh. Untuk informasi pendaftaran selengkapnya silakan langsung menghubungi kontak panitia pendaftaran di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272
IG daftaravsec
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Pengertian AVSEC lengkap dengan Tugasnya yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda. 

Baca juga: 
1. Biaya Pendidikan AVSEC Tahun 2018 

Tidak ada komentar