Breaking News

6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu

Banyak masyarakat yang penasaran tentang apa saja tahap Tes AVSEC Angkasa Pura yang wajib dilalui pelamar. Karena menjadi AVSEC di perusahaan yang mengelola belasan bandara di Indonesia ini tentu menjadi keinginan bagi banyak orang baik laki-laki maupun perempuan. Dan Anda telah menemukan artikel yang sangat tepat karena kali ini saya akan bahas tentang 6 tahapan tes yang wajib dilalui oleh calon AVSEC Angkasa Pura.



6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu
6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu

Mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura, Pelamar Harus Punya STKP/Lisensi

AVSEC merupakan staff atau karyawan suatu perusahaan penerbangan baik dibawah maskapai, kementrian perhubungan maupun Angkasa Pura yang bertugas untuk menjamin keamanan penerbangan serta menciptakan zero accident.


Meski sama-sama bekerja dalam bidang keamanan, namun Anda tidak bisa menyamakan profesi ini dengan satpam, security mall ataupun hansip. Karena dalam menjalankan tugasnya, AVSEC berpedoman terhadap ICAO atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Bahkan terdapat suatu peraturan yang menyebutkan bahwa personil keamanan penerbangan atau AVSEC diwajibkan untuk memiliki STKP/Lisensi.

6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu
6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu

Peraturan tersebut merupakan ketetapan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9. Karena dengan dimilikinya STKP/Lisensi AVSEC, seseorang telah dianggap memiliki kecakapan untuk melaksanakan tugas nya dalam hal pengamanan penerbangan.


Sehingga sebelum Anda mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura ataupun melamar ke perusahaan penerbangan sebagai AVSEC AQnda harus punya STKP/Lisensi AVSEC terlebih dahulu.


Syarat Mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura

Angkasa Pura merupakan perusahaan pengelola bandara yang mengelola belasan bandara di Indonesia. Dapat bergabung di perusahaan ini, sudah menjadi keinginan banyak orang mengingat perusahaan ini akan memberikan banyak fasilitas menarik bagi setiap karyawannya. Termasuk salah satunya adalah gaji yang sangat menggiurkan.


Berikut beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura:

  • Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
  • Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat
  • Tinggi badan minimal 170 cm (untuk laki-laki) dan 165 cm (untuk perempuan)
  • Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/contact lens
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun
  • Belum pernah menikah
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berkelakuan baikdan belum pernah terlibat dengan tindakan kriminal
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Angkasa Pura

Bila Anda sudah memenuhi beberapa syarat diatas, Anda bisa mengikuti tes di Angkasa Pura untuk melamar sebagai petugas AVSEC.

6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Solusi

Setelah memiliki lisensi dan telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah saya paparkan diatas, selanjutnya pelamar harus mengikuti serangkaian tes yang menggunakan sistem gugur.


Berbeda dengan ketika Anda melamar sebagai AVSEC di maskapai penerbangan, untuk menjadi AVSEC di Angkasa Pura Anda harus melalui 6 tahap Tes AVSEC Angkasa Pura  yang meliputi:


  • Seleksi Administrasi
Seleksi administrasi ini berupa seleksi data dimana sebelumnya para pelamar sudah mengisi formulir secara online. Dan formulir tersebut yang akan menjadi acuan penguji apakah pelamar bisa lanjut ke tahap  berikutnya ataukah tidak.


  • Tes Fisik
Untuk selanjutnya, adalah tes fisik. Bagi pelamar yang dinyatakan gagal pada tes administrasi terpaksa tidak bisa mengikuti tes fisik ini, karena sistem Tes AVSEC Angkasa Pura menggunakan sistem gugur. Tes fisik untuk calon AVSEC tidak jauh berbeda dengan tes fisik di kepolisian yang tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi fisik pelamar.


  • Tes Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris
Selain dibutuhkan fisik yang bagus, menjadi AVSEC juga harus memiliki wawasan luas termasuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Untuk itu, terdapat tes pengetahuan umum dan Bahasa Inggris untuk menjadi AVSEC di Angkasa Pura.


  • Tes Psikologi
Kesehatan rohani termasuk mental yang bagus juga harus melekat pada diri AVSEC. Maka dari itu tahap selanjutnya setelah tes akademik adalah tes psikotes. Selain untuk mengetahui kondisi psikologis para pelamar, tes ini juga untuk mengetahui sifat pelamar dari segi psikologisnya. Karena pada tahap ini akan diuji oleh penguji yang paham ilmu psikologi.


  • Tes Kesehatan
Menjadi petugas keamanan penerbangan tentu kesehatan menjadi salah satu faktor utama yang wajib dimiliki. Dalam tes kesehatan ini, kondisi kesehatan pelamar akan di cek secara menyeluruh.
Selain tidak diizinkan memiliki penyakit berat, menjadi AVSEC juga tidak bisa bermata minus, pernah mengalami patah tulang, hepatitis maupun mengidap buta warna.


  • Wawancara Akhir
Wawancara akhir akan menjadi tahap penentu apakah pelamar bisa diterima di Angkasa Pura atau harus gagal. Tahap akhir ini akan mempertemukan antara pelamar yang sudah dinyatakan lolos para tahapan2 sebelumnya dengan direksi dari perusahaan. Maka dari itu, siapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi tahap ini. Karena diterima/tidaknya Anda tergantung pada tahap akhir ini.

Persiapan Mengkuti Tes AVSEC Angkasa Pura

Persaingan yang sangat ketat tentu akan Anda hadapi ketika Anda mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura. Bagaimana tidak? Angkasa Pura sudah menjadi salah satu perusahaan yang difavoritkan para calon AVSEC. Mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan pengelola bandara yang satu ini.


Artinya meski Anda sudah memiliki kriteria fisik yang memenuhi persyaratan, namun peluang Anda untuk bisa diterima di Angkasa Pura baru beberapa persen saja.  Apalagi bila Anda belum mengantongi STKP/Lisensi AVSEC. Pasti akan dengan mudah Anda dikalahkan oleh pelamar lainnya.

6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu
6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu


Berdasarkan 6 tahapan Tes AVSEC Angkasa Pura diatas, memerlukan banyak sekali persiapan seperti penguasaan  dalam bidang AVSEC itu sendiri, memiliki skill dalam pelayanan pelanggan, knowledge tentang keamanan penerbangan juga dunia penerbangan, tahu klasifikasi dangerous goods, dan lain sebagainya.


Jadi bila Anda sampai diterima sebagai AVSEC di Angkasa Pura tentu akan muncul rasa bangga yang tiada tara. Seperti yang sebelumnya sudah dirasakan oleh beberapa alumni dari Sekolah Penerbangan Terbaik PSPP Penerbangan.


PSPP Penerbangan merupakan lembaga pendidikan staff penerbangan dan pramugari yang juga membuka pendidikan dan pelatihan AVSEC. Selain mendidik dan melatih calon AVSEC agar siap menghadapi persaingan, PSPP juga memberikan lisensi/STKP. Karena lembaga ini telah mendapat jadwal pelaksanaan UJIAN NEGARA dari Keamanan Penerbangan.


Untuk itu, Anda bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan terlebih dulu sebagai untuk menghadapi persaingan kerja yang akan di Angkasa Pura.


Tak perlu khawatir harus menunggu lama lagi untuk bisa bekerja, karena masa pendidikan di PSPP Penerbangan tak seperti kampus pada umumnya. Anda hanya perlu melalui masa pendidikan selama 4 bulan dan dilanjut dengan OJT selama 2 bulan.

Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC Terbaik

Banyaknya peluang kerja untuk profesi AVSEC yang hampir setiap bulannya selalu membutuhkan penambahan personil baru membuat pembukaan pendaftaran di PSPP Penerbangan selalu ditunggu-tunggu.


Bagaimana tidak? Meski di Indonesia nyatanya banyak bermunculan Sekolah AVSEC namun sangat sulit untuk menemukan Sekolah AVSEC yang Berlisensi Resmi seperti halnya PSPP Penerbangan. Padahal tujuan utama dari mengikuti pendidikan AVSEC selain tentunya belajar tentang keamanan penerbangan juga untuk mendapatkan lisensi AVSEC dan juga lisensi pendukung seperti Dangerous Goods.
6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu
6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura Yang Wajib Anda Tahu


Kabar gembira, karena saat ini PSPP Penerbangan masih membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru untuk jurusan AVSEC. Penerimaan ini berlaku untuk PSPP Penerbangan Jakarta, Lampung, Makassar juga Yogyakarta. Sehingga Anda masih bisa bebas memilih kampus sesuai keinginan Anda.


Pendaftaran ini juga masih akan tetap dilayani melalui online mengingat mayoritas pendaftar PSPP berasal dari luar kota. Sehingga pendaftaran melalui online ini dinilai sangat praktis an memudahkan setiap pendaftar khususnya yang berasal dari luar kota.


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya terkait pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru di PSPP Penerbangan. Silakan langsung hubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan melalui WA/LINE 0822-2500-7272.


Demikian tadi informasi yang dapat saya sampaikan terkait 6 Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dan silakan Anda bagikan artikel ini bila dirasa bisa membantu orang lain yang juga sedang mencari informasi terkait hal ini. Terimakasih.

Tidak ada komentar