Breaking News

Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara



Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara
Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara

Meningkatnya industri pada sektor penerbangan di Indonesia turut membantu mengurangi angka pengangguran yang masih cukup tinggi di Indonesia. Karena dunia penerbangan banyak melibatkan beberapa profesi yang berperan dalam kelancaran proses penerbangan. Salah satunya adalah AVSEC. Dimana kali ini saya juga akan membahas informasi terkait Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara.

Sebagai panitia pendaftaran kampus PSPP Penerbangan yang merupakan Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana langkah-langkah untuk bisa berkarir sebagai seorang AVSEC. Yang juga akan memaparkan tentang pengertian AVSEC, persyaratan menjadi AVSEC, sekolah untuk menjadi AVSEC, serta tips-tips agar mudah diterima sebagai AVSEC.


Pengertian AVSEC Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Langkah Menjadi AVSEC

Sahabat penerbangan. Untuk Anda yang sudah seringkali mengunjungi blog www.avsec.id ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata AVSEC. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda yang membaca artikel ini sama sekali belum tau tentang apa itu AVSEC.

Baiklah. Akan saya berikan sedikit pengetahuan tentang apa yang disebut dengan AVSEC itu.

Bagi Anda yang sudah seringkali melakukan penerbangan, tentu sudah seringkali bertemu dengan petugas yang disebut sebagai AVSEC ini. Namun mungkin Anda belum menyadari bahwa petugas tersebut yang disebut sebagai AVSEC karena memang sebelumnya belum pernah mencari tahu tentang AVSEC.

Baca juga: Meski Perempuan, Namun Para AVSEC Ini Tetap Terlihat Berwibawa

AVSEC merupakan staff atau karyawan suatu perusahaan penerbangan atau pengelola bandara yang bertugas untuk menjamin keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melawan hukum. Dan Anda bisa mulai menemui profesi ini ketika Anda mulai memasuki terminal keberangkatan. Dimana Anda akan diminta memasukkan barang bawaan Anda ke X-Ray dan Anda pun akan diminta untuk masuk melewati sebuah mesin yang sudah didesign sedemikian rupa sebagai alat keamanan penerbangan.

Nah petugas yang memeriksa dan mengarahkan Anda untuk meletakkan barang bawaan Anda ke X-Ray tersebut ialah petugas yang disebut sebagai AVSEC.Baiklah. Sampai disini paham?

Melihat pengertian dan tugas tersebut, tentu Anda yang memang tertarik untuk berkarir di bidang keamanan akan semakin tertarik untuk mendapatkan karir ini. Lalu apakah Langkah Menjadi AVSEC itu mudah?

Langkah Menjadi AVSEC, Anda Harus Memenuhi Syarat Ini

Meski sama-sama petugas yang bekerja di bidang keamanan, namun AVSEC tidak sama halnya dengan security bank, satpam mall, atau petugas keamanan rumah sakit. Karena khusus untuk AVSEC, setiap personilnya diwajibkan untuk memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personil yang kemudian baru akan diberikan tugas dan tanggung jawab dibidang keamanan penerbangan.

Dan mengenai persyaratan sebagai Langkah Menjadi AVSEC, diantaranya adalah sebagi berikut: 
  • Pria atau wanita
  • Usia maksimal 27 tahun
  • Tinggi badan minimum untuk pria 170 cm, sedangkan untuk wanita 165 cm
  • Pendidikan terakhir minimal SMA/K sederajat
  • Sehat jasmani dan juga rohani
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Belum pernah menikah
  • Tidak pernah mengalami patah tulang
  • Menguasai Bahasa Inggris akan menjadi prioritas
Dan, apabila persyaratan pendidikan, maupun syarat fisik termasuk kesehatan terdapat salah satu yang tidak bisa dipenuhi sudah dapat dipastikan bahwa Anda belum bisa mendapatkan karir keamanan penerbangan ini.

Baca juga: Kriteria Fisik Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan

Langkah Menjadi AVSEC Harus Mengikuti Tes Akademik 

Di dunia penerbangan, tes akademik yang akan dijalani dalam penyaringan calon karyawan termasuk untuk profesi AVSEC adalah tentang psikotes dan Bahasa Inggris. Untuk menyelesaikan tes akademik ini, jangan harap Anda bisa mencontek seperti ketika Anda masih duduk di bangku sekolah ya. Karena baik tes psikotes maupun bahasa Inggris tidak bisa direkayasa.

Tes ini akan memperlihatkan kemampuan Anda dalam hal penguasaan bahasa Inggris serta menunjukkan bagaimana karakter dan sikap Anda.

Dalam dunia penerbangan, kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan apapun. Termasuk Langkah Menjadi AVSEC.
Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara
Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara

Sebagai persiapan menghadapi tahap ini, Anda bisa belajar lagi tentang tes psikotes dan Bahasa Inggris yang akan muncul pada perekrutan AVSEC di Sekolah AVSEC Berlisensi contohnya PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan menyediakan program pendidikan jurusan AVSEC dengan tujuan untuk mengembangkan potensi kaula muda yang mempunyai minat di dunia penerbangan sebagai syarat untuk menjadi petugas keamanan penerbangan.

Maka dari itu, sangat disarankan agar calon AVSEC mengenyam pendidikan dahulu di Sekolah khusus AVSEC seperti PSPP Penerbangan yang sudah berlisensi resmi.

Langkah Menjadi AVSEC Harus Menjalani Tes Wawancara Kerja 

Tes wawancara kerja menjadi tahap terpenting dalam perekrutan AVSEC di perusahaan penerbangan termasuk di Angkasa Pura. Tahap ini banyak membuat kandidat gugur dan tidak diperbolehkan melanjutkan tahap berikutnya.

Umumnya kegagalan para kandidat diakibatkan karena hal-hal sepele seperti salah ngomong, tidak percaya diri atau bahkan karena OVER PD. Karena memang perusahaan penerbangan mencari kandidat yang tidak memiliki sifat idealis, arogan, keras kepala dan tentunya sok pintar.

Jadi pastikan Langkah Menjadi AVSEC dalam tahap wawancara kerja ini Anda lakukan dengan sikap yang wajar disertai senyum natural dalam setiap memberikan jawaban kepada pewawancara.

Langkah Menjadi AVSEC Yang Paling Pokok Ialah Mencari Lisensi atau STKP

Sudah dibahas sebelumnya bahwa untuk menjadi personil keamanan penerbangan atau AVSEc, seseorang diwajibkan untuk memiliki lisensi atau STKP. Dimana peraturan tersebut sudah menjadi keputusan dari Jenderal Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9.

Sehingga Langkah Menjadi AVSEC yang paling pokok disini adalah mencari lisensinya terlebih dulu.
Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara
Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara

Bagi Anda yang ingin mendapatkan lisensi atau STKP AVSEC, Anda bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus bagi calon AVSEC dimana kini di Indonesia telah terdapat 4 buah Sekolah AVSEC yang sudah berlisensi resmi.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mengikuti Sekolah AVSEC?

Yaitu PSPP Penerbangan Lampung, PSPP Penerbangan Jakarta, PSPP Penerbangan Yogyakarta, dan juga PSPP Penerbangan Makassar. Dimana ke-4 kampus tersebut sama-sama sudah menjadi sekolah AVSEC resmi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dinas Keamanan Penerbangan RI sehingga akan memberikan lisensi resmi dari Dinas Perhubungan Udara.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri di PSPP Penerbangan. Berikut cara pendaftaran secara online yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

  • Lakukan pengisian formulir pendaftaran pada blog ini. Atau Anda bisa klik disini untuk mendapatkan formulirnya.
  • Bayar biaya pendaftaran senilai Rp 300.000,- ke BRI atasnama PSPP Penerbangan 0098-01-002137-303 kemudian kirim bukti transfer melalui WA 0822-2500-7272.
  • Anda akan mendapat username dan password kemudian segera gunakan untuk tes online sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Upload pasfoto, foto seluruh badan, surat keterangan sehat dari dokter dan kartu identitas diri pada menu biodata diri atau bisa langsung dikirim ke panitia melalui WA 0822-2500-7272. 
  • Seluruh data Anda akan diberikan kepada pewawancara dan Anda tinggal menunggu telepon dari pewawancara.
  • Usai wawancara melalui telepon, Anda akan mendapatkan hasil tes melalui email. Dan segera lakukan pembayaran biaya daftar ulang apabila Anda telah dinyatakan lolos pada tes tersebut. 
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Langkah Menjadi AVSEC Keamanan Penerbangan di Bandara semoga bermanfaat. Untuk informasi cara mendapatkan lisensi AVSEC silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan melalui WA 0822-2500-7272. Terimakasih.

Tidak ada komentar