Breaking News

Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?



Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ? – Tes Buta Warna merupakan salah satu tes yang wajib dilaksanakan di seluruh maskapai ataupun instansi – instansi yang terkait dengan penerbangan. Adapun tes ini berfungsi untuk menentukan calon pelamar kerja apakah bisa diterima bekerja atau tidak. Karna memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tes buta warna sangat penting.

Siapakah Petugas AVSEC itu ?

Saat ini masih banyak yang belum memahami tentang profesi yang memiliki peranan penting untuk dunia penerbangan ini.Atau kebanyakan juga beranggapan bahwa Aviation Security adalah hansip, secuirty atau satpam bank atau lain sebagainya. Sebelum mengulas tentang Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC , kali ini admin akan membahas Pengertian Aviation Security terlebih dahulu agar Anda yang masih belum begitu paham tentang profesi yang satu ini bisa memiliki sedikit gambaran . Tanpa ada maksud untuk merendahkan pekerjaan pengamanan yang ada tetapi admin menyatakan bahwa AVSEC bukanlah security biasa seperti security/satpam atau hansip pada umumnya.

Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC?
Karena tanggung jawabnya serta prestice nya juga berbeda ,banyak pula orang yang menjuluki AVSEC sebagai seorang Polisi Bandara . Mengapa demikian ? Karena tidak semua orang dapat menjadi seorang petugas AVSEC mengingat untuk bisa menjadi seorang AVSEC ini seseorang diwajibkan untuk memiliki Lisensi / Surat Tanda Kecakapan Personil yang kemudian akan diberi tugas dan tanggung jawab dalam bidang keamanan penerbangan . Peraturan tersebut bukan sekedar buatan perusahaan tertentu melainkan sudah menjadi sebuah peraturan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan No. SKEP / 2765 / XII / 2010 Bab I Butir 9 .
Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?

Mengapa AVSEC tidak Boleh Buta Warna ?

Mengacu terhadap tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan keamanan penerbangan yang tentunya berhubungan dengan keselamatan orang banyak seperti crew pesawat , penumpang , maupun pengguna bandara lainnya tentunya sangat tidak diharapkan jika terjadi insiden tertentu di bandara dimana seharusnya karyawan tersebut membunyikan alarm bahaya dengan menekan tombol merah namun karna petugas tersebut buta warna, sehingga petugas tersebut hanya menekan tombol alarm peringatan dengan tombol warna orange. Hal tersebut tentunya akan sangat membahayakan keselamatan orang lain bahkan keselamatan penerbangan.

Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?
 Apalagi jika petugas AVSEC ini memperoleh tugas untuk mengamati monitor yang terhubung dengan X – Ray , tentu akan menghadapi simbol – simbol warna di monitor yang akan menunjukkan bagaimana jenis barang yang terdapat pada barang bawaan penumpang .
Menanggapi hal tersebut maka tidak heran apabila setiap kali ada perekrutan kerja di perusahaan penerbangan , tes buta warna ini akan selalu dimasukkan . Bahkan ketika Anda tengah akan mengikuti sebuah pelaihan agar bisa melamar kerja di bandara pun tes buta warna juga sudah akan Anda temui .

Contoh Soal Tes Buta Warna pada Pendafaran AVSEC

Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap buta warna atau tidak sebenarnya tidak perlu datang ke dokter mata atau bahkan rongten mata. Karena tes buta warna ini bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Tes buta warna sangat mudah dilakukan. Dan pada artikel Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ini akan admin tampilkan contoh tes buta warna yang ada di maskapai penerbangan termasuk pada saat pendaftaran AVSEC.

Pelaksanaan tes buta warna terbilang cukup sederhana karena hanya dilaksanakan dengan menampilkan gambar-gambar angka atau huruf atau bahkan jalur-jalur garis khusus yang dikombinasikan dengan titik-titik warna yang bisa membingungkan pembaca jika pembaca tersebut mengalami permasalahan dengan penglihatannya.

Langsung saja mari kita simak contoh soal tes buta warna pada pendaftaran AVSEC dibawah ini :
Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?
Apakah Anda bisa melihat berapa saja angka yang muncul pada kombinasi titik – titik diatas ?  Semakin Anda mudah membaca angka pada gambar diatas, maka semakin bagus pula tingkat deteksi warna pada mata Anda.

Sekolah AVSEC di Indonesia

Salah satu syarat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi petugas AVSEC adalah dengan dimilikinya lisensi / STKP . Yang mana untuk mendapatkan hal tersebut Anda diharuskan untuk mengikuti pelatihan AVSEC di sebuah sekolah AVSEC yang telah memiliki izin resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara . 
Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?
Salah satu sekolah AVSEC yang paling recommended  di Indonesia karena selain telah memiliki legalitas resmi juga memberikan lulusannya STKP / Lisensi Basic AVSEC adalah PSPP Penerbangan . Sekolah tersebut menyelenggarakan proses pendidikan dan pelatihan AVSEC di 4 kota di Indonesia yaitu di kota Jakarta , kota Yogyakarta , kota Makassar dan juga kota Lampung .

Hubungannya dengan Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSECini adalah bahwa tes buta warna seperti ini juga dilaksakan di PSPP Penerbangan juga, ketika anda mendaftar di PSPP, Anda akan mengikuti serangkaian tes buta warna ini. Dan bagi Anda yang ingin mendaftar di PSPP melalui online, Anda diwajibkan untuk menyertakan surat hasil tes buta warna baik dari dokter ataupun dari rumah sakit terdekat.

Apakah Buta Warna Mempengaruhi Pendaftaran AVSEC ?
Demikian informasi ini, semoga bermanfaat . Dan untuk Anda yang tertarik ingin bergabung dengan Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan segera lakukan pendaftaran dengan sebelumnya menghubungi panitia pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru Kak Diyan : WA 0822 – 2500 – 7272 / BBM 26D5777F .

Tidak ada komentar